Kamis, 21 April 2022

jurnal refleksi

JURNAL REFLEKSI PELAKSANAAN PEMBELAJARAN Jurnal yang ditulis setiap akhir pelaksanaan pembelajaran, menjadi media untuk mendokumentasikan perasaan, gagasan dan pengalaman serta praktik baikyang telah dilakukan. Dengan memiliki rekam jejak yang berkelanjutan seperti ini, guru akan terdorong untuk terus belajar dan meningkatkan kualitas pembelajaran. Jurnal ini juga dapat menjadi sarana untuk menyadari emosi dan reaksi diri yang terjadi sepanjang pembelajaran (Denton, 2018). Model 7: Segitiga Refleksi Silakan identifikasi pada segitiga di bawah ini mengenai apa yang Anda pelajari dari pembelajaran hari ini. Anda boleh membuatnya dalam bentuk Ms. Word, Ms. PowerPoint, atau menggambarkannya kemudian memfoto dan menguploadnya di LMS. JURNAL REFLEKSI MODEL SEGITIGA RESTITUSI DISUSUN OLEH : NAMA : …………………………. S.Pd GURU : KELAS VI UNIT KERJA : SDN ………………………… . Gambar (1) Segitiga Restitusi Penjelasan Gambar : 1. Setelah pembelajaran hari ini, saya akhirnya memahami bahwa seorang guru yang telah menyelesaikan pembelajaran harus mampu : a. Menjelaskan materi esensial secara mudah, sehingga siswa mudah menerima b. Memahami Budaya Positif pembelajaran tatap muka terbatas c. Melakukan Pola interaksi guru dan murid , Panduan interaksi guru dan murid, dalam membangun pembelajaran. 2. Setelah melaksanakan pembelajaran dengan RPP, saya akhirnya mampu menyampaikan materi pembelajaran, dengan kegiatan penunjang : a. Berkolaborasi dengan rekan sejawat dalam pemanfaatan media. b. Diskusi umpan balik bersama murid. c. Eksplorasi Konsep Materi esensial d. Refleksi Terbimbing 3. Perasaan saya setelah melakukan pembelajaran hari ini adalah bahagia walaupun ada kegelisahan karena : a. Bahagia karena mendapat banyak ide dan gagasan dari rekan sejawat dan murid. b. Gelisah karena sampai hari ini, apa yang saya lakukan sebagai guru masih jauh dari konsep berpihak pada murid. 4. Setelah melakukan pembelajaran hari ini, target saya berikutnya adalah dapat menggerakkansemangat belajar tatap muka terbatas dan mengembangkan potensi murid. a. Membentuk kelompok belajar.. b. Membuat kesepakatan kelas, antara guru dengan orang tua dan murid

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mari kita buktikan bahwa kita BISA